Pelatihan Perencanaan Usaha Model Canvas & Penyusunan Legal Drafting di Tingkat Kampung

Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) bersama dengan Perkumpulan Perisai melakukan kegiatan peningkatan kapasitas kepada pelaku pengelola Badan Usaha Milik Kampung (BUMK). Pelatihan ini dilakukan untuk memaksimalkan peran dan fungsi lembaga dalam meningkatkan kapasitas perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan dalam menyelenggarakan Unit Usaha yang dijalankan oleh masing-masing lembaga. Selain itu, kegiatan kolaborasi bersama dilakukan juga untuk peningkatan kapasitas legal drafting atau penyusunan Peraturan Kampung Berbasis Konservasi Sumber Daya Alam. Adapun kampung sasaran dan penerima manfaat dari kegiatan ini adalah Kampung Tabalar Muara (Kecamatan Tabalar), Kampung Teluk Semanting, Tanjung Batu, Batu-batu, dan Pegat Batumbuk (Kecamatan Pulau Derawan).

Hasil Kegiatan

  • Perencanaan usaha yang menjadi konten pelatihan adalah penggunaan metode Bisnis Model Kanvas, berhasil dipahami dengan komperehensif oleh masing-masing kampung sasaran.
  • Adanya pembelajaran dengan metode patisipatif yang akan ditularkan peserta kepada anggota di lembaga masing-masing.
  • Meningkatnya kapasitas aparatur pemerintahan kampung sasaran khususnya anggota Badan Permusyarawatan Kampung (BPK) dalam menyusun dan menetapkan regulasi di tingkat kampung sebagai bagian dari yang tidak terpisahkan untuk mengelola dan melindungi sumber daya alam yang dimiliki atau dengan mempertimbangkan asset yang dimiliki (asset sosial, ekonomi, budaya dan politik)
  • Masing-masing kampung sasaran telah difasilitasi dalam menyusun rencana tindak lanjut penyusunan PERKAM Kampung dan akan melakukan koordinasi yang efektif untuk sampai pada penetapan Peraturan Kampung.

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.