Kerukunan Organisasi Petani Kopi Independen (KOPKI)

Pengorganisasian Petani dan pengembangan penghidupan berkelanjutan berbasis Tanaman Kopi Liberika di Kampung Sambakungan, Kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau, Bekerjasama dengan Petani Kampung Sambakungan.

Hasil Kegiatan

Berkembangnya penghidupan berkelanjutan dan kapasitas petani di Kampung Sambakungan dan Kabupaten Berau melalui budidaya kopi Liberika:

  • Sejak tahun 2019 hingga sekarang telah berhasil membuat persemaian kopi dengan kapasitas tampung 20.000 bibit. Proses pembibitan kopi hingga saat ini terus berlanjut,
  • Sejak tahun 2019 hingga sekarang berhasil menanam kopi sebanyak 10.815 pohon diatas lahan seluas 18 ha. Lahan tersebut adalah milik petani di Kampung Sambakungan yang sebelumnya kurang/tidak produktif.
  • Kopi menjadi harapan pendapatan masyarakat Kampung Sambakungan setelah Tambang Batubara yang menjadi pendapatan utama masyarakat kampung saat ini, dengan bekerja sebagai buruh tambang pada perusahaan yang beroperasi disekitar. Kopi Liberika menjadi harapan alternative ekonomi yang lebih berkelanjutan pasca Tambang Batu Bara. Hingga saat ini terbangun Cita-Cita menjadikan Kampung Sambakungan menjadi pusat kopi Liberika Kabupaten Berau.
  • Hingga saat ini berhasil memotivasi 9 Kampung di Kabupaten Berau untuk ikut mengembangkan penghidupan berkelanjutan dengan menanam Kopi Liberika sebanyak 5000an pohon pada lahan seluas 8 ha. Kopi tersebut tersebar di  Kampung Merancang Ulu, Batu batu, Samburakat, Maluang, Gunung Tabur kecamatan Gunung Tabur, Kampung Kasai dan Teluk Semanting di Kecamatan Kepulauan Derawan serta Kampung Sambaliung di kecamatan Sambaliung.
  • Selain kampung di sekitar Kabupaten Berau, Pengembangan Kopi Sambakungan bahkan memicu beberapa petani di kekabupaten tetangga (Kabupaten Tanah Tidung) untuk menanam kopi liberika.

Terbentuk orgnaisai Kerukunan Organisasi Petani Kopi Independen di Kampung Sambakungan (KOPKI))

Terbangunnya komitmen pengembangan penghidupan melalui budidaya kopi liberika dengan adanya MoU antara KOPKI, Perkumpulan Perisai, dan Komunitas kopi Kabupaten Berau, Home Brewers Berau untuk pengelolaan kopi liberika pasca panen.

Berkembangnya pembelajaran pengorganisasian petani berbasis Budidaya Kopi Liberika

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.